Thursday 28 January 2016

Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Jawa

Penerapan menuntut ilmu bahasa jawa - Ada banyak aplikasi mencari ilmu bahasa yang sanggup ditemukan di Google Playstore. Enteng menemukan beraneka aplikasi yang menawarkan pembelajaran bermacam macam bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Cina, dan lain sebagainya. 

secara Apa dengan kamu yang ingin berlajar bahasa daerah seperti bahasa Jawa? Untungnya saat ini sudah ada beberapa aplikasi mencari ilmu bahasa Jawa yang mampu diunduh dan dipakai di ponsel pintar. Bagi kamu yang tertarik menggali ilmu bahasa daerah yang satu ini, berikut yaitu banyaknya aplikasi mencari ilmu bahasa Jawa yang bisa kamu cobalah : 

Pepak mempelajari Basa Jawa 
Bahasa Jawa dikenal dgn tingkatannya yang terdiri atas Ngoko, Krama, dan Krama Inggil. Setiap tingkatan memiliki kadar kehalusan bahasa yang tak sama, seperti Ngoko yang hanya digunakan saat bicara kepada kawan sebaya atau Krama Inggil yang difungsikan dikala berkata dgn orang yang lebih tua. 

Bagi yang telah terbiasa memakai bahasa Indonesia, tingkatan dalam bahasa Jawa terdengar menyulitkan. Kamu harus mengetahui 3 buah kata yang tidak sama tapi bermakna sama, misalnya kata baju dalam Ngoko disebut kelambi, sedangkan pada Krama disebut rasukan dan Krama Inggil disebut dgn ageman. 

Pengguna sanggup menemukan beraneka ragam kosakata dalam beragam tingkatannya di Pepak Menuntut Ilmu Basa Jawa. Fitur ini menyerupai kamus, berguna untuk mencari kosakata dalam bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia. Bedanya, di bidang bawah sudah tersedia daftar kosakata yang diurutkan berdasarkan alfabet sehingga memudahkan pembeli dalam menggali ilmu bahasa Jawa. 

selain itu, aplikasi mempelajari bahasa Jawa ini juga menyediakan fitur-fitur suporter pembelajaran seperti nama binatang, nama tumbuhan, peribahasa, pantun hingga aksara jawa. Tampilan aplikasi Pepak Mencari Ilmu Basa Jawa minimalis dan enak diliat, tapi sayang aplikasi ini kurang interaktif lantaran konsepnya yang teramat lekat dengan kesan kamus. 

Hanacaraka 
Seperti namanya, aplikasi ini memiliki fitur utama utk menuntut ilmu aksara Jawa. Aksara Jawa yang dikenal juga dengan nama Hanacaraka mudah ditemukan di kota Yogyakarta dan Bali. Aplikasi Hanacaraka menawarkan proses pembelajaran yang dikemas melalui beraneka ragam ragam permainan yang seru. 

Begitu aplikasi terbuka, pembeli mampu memilih 2 menu utama yang terdiri atas Menuntut Ilmu dan Main. Menu belajar terdiri atas aksara Jawa dengan beraneka ragam aksara pendukungnya. Tap jenis aksara yang ingin dipelajari dan konsumen dapat dibawa ke halaman kusus di mana kamu bisa cobalah menulis aksara Jawa memakai jari. 

Menu Main terdiri atas 4 macam permainan yakni Juragan Bumbon, Rajahan Wong, Milang-Miling, dan Krapyakan. Tampilan permainan pada aplikasi ini masihlah sederhana, tapi menghibur. Misalnya permaianan Juragan Bumbon dimana pemain diharuskan membeli bumbu yang tercatat dalam bahasa Indonesia ke berbagai toko yang namanya ditulis dalam aksara Jawa. 

Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Jawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dumix

0 comments:

Post a Comment